Pembahasan tentang pengawasan pendidikan harus diawali
dengan dua pengamatan dasar, pertama bahwa orang dengan pendidikan tinggi yang
berbeda dari orang-orang yang kurang terdidik. Pengamatan kedua adalah
perubahan individu yang terjadi setelah mereka mendapatkan yang lebih tinggi.
Dimensi Manfaat Pendidikan
Orang-orang akan mendapatkan beberapa keuntungan atau
manfaat pendidikan yang pertama dan paling jelas adalah siswa. Setiap siswa
memiliki karakteristik yang berbeda sehingga masing-masing karakteristik ini
harus dipahami agar mereka dapat mencapai manfaat dalam pendidikan. Selain
pengaruh orang lain dalam masyarakat dapat mempengaruhi pendidikan siswa, baik
secara langsung maupun tidak langsung (keluarga dan teman-teman atau guru).
Manfaat yang bisa diperoleh sangat mudah untuk menjelaskan siswa, siswa yang
belajar membaca lebih baik di sekolah daripada mereka yang tidak bisa membaca.
Dalam ilmu ekonomi ini disebut “manfaat pribadi”. Para ekonom membedakan
manfaat pribadi dengan manfaat sosial. Manfaat sosial adalah sesuatu yang dapat
mengembangkan orang selain pendidikan. Masyarakat dikatakan lebih baik karena
pendidikan mereka. karakteristik dan sifat-sifat umum tertentu dapat dianggap
sebagai hasil dari sekolah, termasuk pemahaman tentang nilai demokrasi sebagai
upaya untuk memerangi semua dalam pemerintahan dan kemampuan untuk berpikir
kritis dan tepat. Keahlian mungkin efek tidak langsung dari bidang studi
kewarganegaraan, ilmu sosial, sejarah, filsafat, bahasa, dan lain-lain
mengajar.
Perubahan yang dipengaruhi oleh pengalaman pendidikan.
Metodologis hal ini berarti bahwa pengukuran pretest dan protes pada individu
diperlukan untuk mengidentifikasi perubahan yang disebabkan oleh pendidikan.
Hal ini dikenal sebagai “pendekatan penambahan nilai” Ada lima cara yang
berbeda untuk membuat kalkulasi dan menerapkan metode-metode tertentu dalam
pendidikan tinggi.. Yang pertama adalah untuk mengevaluasi perubahan individu,
semuanya dibelanjakan dalam pendidikan (biaya tinggi) adalah ukuran
kelebihannya. Keduanya menyelidiki reaksi klien untuk pendidikan universitas.
Ketiga adalah mempertimbangkan peningkatan dalam nilai kapita manusia adalah
hasil dari pendidikan tinggi. Keempat untuk melihat seberapa banyak pendidikan
tinggi bertanggung jawab atau terlibat. Kelima dalam memperkirakan nilai
pendidikan universitas dengan melihat tingkat pengembalian investasi pada
pendidikan universitas. manfaat pendidikan diperoleh selama pengalaman dari
pendidikan itu sendiri, manfaat pendidikan dapat ditanyakan siswa setelah
mereka melaksanakan pendidikan. Persamaan seperti manfaat sosial dari mengikuti
permainan sepak bola sekolah tinggi terjadi selama pengalaman pendidikan.
Memahami fungsi Pendidikan Manfaat
Ini penting untuk mengetahui apa manfaat yang memanjang dari
pendidikan dalam mengalokasikan sumber daya yang tidak hanya antara berbagai
jenis dan tingkat sekolah tetapi juga antara pendidikan dan program sosial.
Pendidikan manfaat juga harus dihargai untuk memutuskan bagaimana untuk
membiayai pendidikan pada tingkat yang berbeda. Jika manfaat yang meluas ke
komunitas sekolah, ada alasan untuk mempromosikan dana sendiri untuk proses
pendidikan, bahkan bias dari pinjaman. Pendidikan manfaat juga harus
diidentifikasi untuk menafsirkan motivasi pendidik. Dalam pengetahuan dasar
yang dibutuhkan sebagai manfaat pendidikan sehingga proses pendidikan dapat
dievaluasi melalui analisis manfaat biaya yang berkaitan dengan alokasi dana
dan menentukan manajemen.
Manfaat Penelitian dan Pendidikan
Pendidikan dasar
Salah satu ide dasar untuk pendidikan remaja selalu
merupakan fungsi dari pemeliharaan sekolah, memindahkan anak-anak dari jalanan,
mengurangi kejahatan, membebaskan orang tua untuk bekerja atau
bersenang-senang, dan mengajari anak-anak tentang norma-norma masyarakat.
Demikian pula, sekolah telah dipercaya untuk melakukan salah
satu fungsi dari sosialisasi, mengajar anak-anak cara mendapatkan sepanjang
jalan, sharing, bergantian (pasien), berpakaian, dan beradaptasi.
Pendidikan tinggi
Ekonom fokus pada manfaat yang terkait dengan pekerjaan dan
karir yang diterima dari perguruan tinggi mereka dengan lulus dari perguruan
tinggi dan bukan karena mereka hanya berpikir tentang uang, tetapi mereka ingin
perubahan melihatapakah disebabkan oleh lembaga-lembaga perguruan tinggi yang
meningkatkan produktivitas (yaitu, menghasilkan modal manusia) dan dengan
demikian meningkatkan pendapatan .
(Schultz, 1961) hipotesis bahwa kuantitas dan kualitas
pendidikan yang diterima oleh individu untuk berkontribusi pada modal manusia,
yang menghasilkan kapasitasproduksi lebih besar. modal manusia Seorang individu
yang selalu tergantung pada faktor-faktor selain pendidikan (seperti kesehatan,
motivasi, kemampuan bawaan, dan status sosial ekonomi).
Manfaat-manfaat pajak terkait kuliah dan prestise sosial
pada dasarnya terkait dengan penawaran dan permintaan untuk pekerja
berpendidikan perguruan tinggi. Setiap kali ada pasokan yang lebih besar dan
menawarkan harga naik lebih sedikit.
(Rumberger, 1986) menunjukkan bahwa pendidikan tambahan
tidak selalu otomatis dihargai dengan pendapatan yang lebih tinggi. Menurut
Rumberger, sekolah pendidikan khusus untuk pekerjaan tertentu. Yaitu, ketika
para pekerja mendapatkan pelatihan berdasarkan penilaian mereka sendiri atau
penilaian independen tentang apa yang dibutuhkan untuk pekerjaan, pelatihan
dihargai dengan gaji yang lebih tinggi, sedangkan pelatihan lain tidak spesifik
untuk satu pekerjaan tertentu mungkin tidak begiti dihargai.
“Negara-negara Nordik, proporsi penduduk yang memenuhi
syarat yang memiliki lembaga-lembaga perguruan tinggi biasanya jauh lebih
rendah dari US Oleh karena itu, negara-lulusan perguruan tinggi di
negara-negara lain mungkin memiliki lebih sedikit kemungkinan untuk menemukan
dirinya tidak dihargai kerj pasar.. Di Amerika Serikat sulit untuk berdebat
bahwa setiap tingkat kejenuhan dapat menyebabkan tingkat pendidikan S1
kelebihan dalam hal pendidikan umum, untuk hasil kejuruan adalah bagian kecil
dari total manfaat tingkat pendidikan. Terkait dengan pasar kerja, apa
dibutuhakan untuk bias individu adalah limbah untuk ekonomi secara keseluruhan (misalnya,
gelar S1 mungkin diperlukan untuk mengajar sejarah kelas empat, tapi mungkin
tidak lagi membutuhkan guru sejarah).
Di negara-negara universitas lain memiliki gelar S1 lebih
mungkin untuk bertindak sebagai dokumen resmi profesional terakhir. Misalnya,
di Brasil, bahkan hukum dan kedokteran dipraktekkan oleh lulusan perguruan
tinggi tanpa pendidikan pasca sarjana. Mismatch antara permintaan dan penawaran
akan menjadi lulusan untuk berbagai profesi dan disiplin untuk menjadi lebih
dari sekadar alasan untuk pertanyaan pertumbuhan pendidikan S1.
(Bowen, 1977) dalam ringkasan “Apakah pendidikan tinggi
sepadan dengan biaya?”, Bowen mulai dengan menunjukkan bahwa “tujuan utama
pendidikan tinggi adalah mengubah orang dengan cara yang diinginkan Tapi dalam
contoh pertama, tujuannya adalah properti memodofikasi. dan pola perilaku
manusia secara individual. Universitas-universitas juga bertujuan untuk
melestarikan dan mempromosikan warisan budaya peradaban. Mereka menyediakan
pelayanan publik langsung seperti pelayanan kesehatan, perpustakaan, museum,
drama dan pertunjukan musik, layanan konsultasi.
Universitas-dampak terkait pada masyarakat dapat dianggap
negatif (misalnya, jika mereka menghasilkan penelitian yang berakhir dengan
pengembangan senjata destruktif).
Kesimpulan
Setiap individu tidak bisa berharap lebih untuk mendapatkan
semua manfaat yang telah maju. Kebanyakan manfaat menjadi jauh lebih lemah
ketika satu tingkat pendidikan menjadi kurang eksklusif juga harus memiliki
dampak negatif dari pendidikan sekolah. Rugi laba dan analisis harus dilakukan
oleh individu dalam memutuskan apakah manfaat potensial mereka dapat menerima
dari menghadiri suatu lembaga pendidikan tertentu sesuai dengan biayanya.
Demikian pula, masyarakat harus bertanya apakah imbalan yang akan diterima dari
alokasi dana publik untuk pendidikan sepadan dengan manfaat yang dihasilkan
dari penggunaan alternatif untuk dana ini.

Makasih ya sob udah share ..............
BalasHapusbisnistiket.co.id